Meriah , Upacara HUT RI ke 79 Kecamatan Rantau Panjang dihadiri Tujuh Mantan Camat

OGAN ILIR  – JURNALIS BICARA – Upacara memperingati Detik detik Proklamasi Tanggal 17 Agustus 2024 Kecamatan Rantau Panjang bertempat dihalaman Kantor Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Kali ini sangat meriah, serta dihadiri Tujuh Orang Mantan Camat yang pernah bertugas di Kecamatan Rantau Panjang.

Selaku Inspektur Upacara Camat Rantau Panjang Faisal,SKM, Perwira Upacara Serma Iit Doli dari Koramil Tanjung Raja, Komandan Upacara Sertu Hendri dari Koramil Tanjung Raja, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Sopni,SPd dari Korwil Diknas Kecamatan Rantau Panjang dan Pembacaan Teks Proklamasi dibacakan Amri,Spd selaku Kepala SDN 2 Rantau Panjang.

Untuk pengibar bendera dilaksanakan oleh Paskibra Kecamatan Rantau Panjang, Paduan suara oleh SMAN Rantau Panjang, Pembacaan Doa dari KUA Kecamatan Rantau Panjang, sebagai pembawa acara Suardi, SPd, Ajudan Lani Budiman, SKM dan sebagai Dirijen Nur Inayah, SPd.

Menurut Camat Rantau Panjang Faisal,SKM, ini merupakan momentum bersejarah memperingati detik detik Proklamasi Tanggal 17 Agustus 2024 di Kecamatan Rantau Panjang, seperti pada hari ini kita sama-sama melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Tahun 2024.

“Ini juga merupakan ajang silaturahmi seluruh stakeholder, seluruh Masyarakat, seluruh Mantan Camat, alhamdulillah sekarang kita dapat nenghadirkan para mantan Camat yang pernah bertugas dikantor ini sebagai Camat Rantau Panjang pada masanya,” ungkapnya, Sabtu (17/8/2024).

Dikatakan Camat Rantau Panjang Faisal dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024, digelar berbagai kegiatan Lomba seperti lomba Gerak Jalan Tingkat SD, SMP dan SMA hingga tingkat umum, jalan santai yang ikuti para siswa , para guru, UPTD dan desa, juga diadakan kegiatan berbagai lomba untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 ini.

Baca Juga :  40 Orang Paskibraka OKI Siap Kibarkan Sang Merah Putih

“Harapan kita untuk masyarakat Rantau Panjang agar tidak melupakan jasa- jasa para pahlawan terdahulu memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia ini, sehingga kita bisa berkembang hingga sekarang, desa menjadi maju, Kecamatan jadi maju sehingga kita harus tetap memperingati hari kemerdekaan ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Mantan Camat Rantau Panjang pada periode terdahulu hadir pada Upacara memperingati Detik detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024 adalah Djonadi Mawi periode April 2006 hingga Februari 2007, Edi Rizal hingga periode juni 2007, Muhaimin Hasyim hingga periode April 2008, Torik Toni hingga September 2010, Guntur YS hingga September 2013, Zaki Mubarok hingga Desember 2019 dan Lukman Ajis yang habis masa jabatannya pada pada 30 juni 2024.

Zaki Mubarok Camat yang berakhir pada periode 2019 lalu, mengungkapkan sebagai manusia biasa merasa haru karena di masa pensiun merasa tersisi dan disisikan dengan pergaulan dan segala macam.

“Dan dihari yang bersejarah ini pada momentum hari kemerdekaan ini kami diundang ditempat waktu kita menjabat Camat, kami merasa terhormat dan dihargai sehingga kami hadir disini,” kata dia.

Sementara Torik Toni Camat pada periode April 2008 hingga 22 September 2010, bersama Guntur Ys yang menjabat Camat pada periode 22 September 2010 hingga 10 September 2013, mengucapkan terimakasih kepada Camat Rantau Panjang yang mana telah dapat mengundang kami para mantan Camat yang pernah menduduki jabatan Camat di Kecamatan Rantau Panjang

“Suatu kehormatan bagi kami beliau dapat mengundang kami pada hari ini 17 Agustus tahun 2024 mengikuti upacara, ini suatu penghargaan dan kebanggaan bagi kami yang sudah mantan- mantan Camat yang terdahulu dan juga bagi Camat- Camat yang yang masih aktif sekarang kami mengharapkan akan jangan melupakan para mantan Camat yang pernah menduduki Kecamatan Masing-masing agar dapat mengundang dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang akan datang, karena kami sebagai mantan ini merasa dihormati dan masih dihargai, walaupun kami sudah pensiun, ” harapnya.

Baca Juga :  Program BAAS Berkontribusi Turunkan Angka Stunting di OKI