Tangani Masalah Persampahan, DLH Kab.Bantaeng Luncurkan Program Sajadah Emas

KAB.BANTAENG, jurnalisbicara.com – Kegiatan Tahapan Proper Sajadah Emas yang berlangsung mulai Tanggal 22 Juli 2024 sampai dengan 20 September 2024 di dua kecamatan yakni kecamatan Bissapu dengan Kecamatan Bantaeng kab.Bantaeng Sul-Sel.

Kegiatan ini dihadiri beberapa tim mulai dari tim data, administrasi, promosi, marketing, serta tim data dan dokumentasi.

Sebelumnya kegiatan ini dilakasanakan berbagai persiapan telah dilakukan mulai,  dari persiapan pertemuan dengan tim efektif ( Agile ) sebanyak 45 orang, pelatihan tim efektif yakni tim data dan adm, tim promosi dan marketing dan tim data dan dokumentasi.

Pertemuan pemantapan dengan stakeholder terkait sebanyak 67 orang, dilanjutkan dengan pertemuan bersama seluruh bank sampah, pusat daur ulang, lapak barang bekas dan lapak kertas sebayak 60 orang serta membangun komitmen dukungan dan penandatanganan MOU dengan Perum Pegadaian, juga membangun komitmen dengan HBIP.

Adapun tahapan-tahapan pelaksanaan yakni “Tahapan Pembinaan tekhnis semua bank sampah lapak kertas, daur ulang dan lapak barang bekas dan Hasil Proper Sajadah Emas adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam melakukan pemilahan sampah dari jumlah anggota dan sampah terkelola sblm proper jumlah bank sampah 35 unit, anggota 406 0rg dan sampah terkelola 60.500 kg/ bulan dan stlh proper jumlah anggota menjadi 786 org dan sampah terkelola 104.141 kg/bulan dr seluruh bank sampah.

Selain itu, diresmikannya 2 Unit Bank Sampah Baru di Kel.Bonto Sunggu Kab.Bantaeng.

Alokasi anggaran penyusunan Study Kelayakan dan Pertek IPAL Lokasi TPA Baru pd perubahan anggaran 2024dan Alokasi Anggaran pengadaan lokasi baru TPS 4,8 Ha dan Study Kelayakan lingkungan T.A 2025.

Bertambahnya tenaga kerja lapak Barang Bekas PT Sumber Agung dr jumlah peg tetap 4 org, jumlah pemilah 18 org , sampah terkelola rata rata 22 ton/bulan dan stlh Proper jumlah pegawai tetap jd 6 org, jumlah pemilah 34 org dan sampah terkrlola 28 sd 30 ton/hari dg Gaji Upah 1.500.000 sd 2.000.000/bulan

Baca Juga :  Bupati Iksan Iskandar Hadiri Pisah Sambut Kapolres Jeneponto

Lapak kertas Sumber Rahmat sblm proper jmlh peg 4 org, sampah kertas 2 sd 3 ton/bulan dan stlh proper jumlah peg jd 6 org dg Gaji upah 1.200.000 sd 1.500.000/bulan.

Proyek perubahan sampah jadi berkah bagi ekonomi masyarakat atau Sajadah Emas oleh Nasir Awing S.Sos Kadis DLH Bantaeng dengan Peserta PKN ll ANGK IX /2024 KDOD LAN SAMARINDA.

“Kami dari anggota petugas Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Bantaeng, merasa bersyukur dengan adanya proyek perubahan Sajadah Emas, karena selama ini sampah menjadi masalah, ternyata dengan’ Sajadah Emas ‘kami mendapatkan tambahan penghasilan sampah yg kami jual ke bank sampah “tuturnya. (Iskandar lewa)