PANWASLU Kecamatan Tanjung Raja Menggelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Netralitas ASN, Kades Dan Lurah

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (PANWASLU) Kecamatan Tanjung Raja, menggelar kegiatan sosialisasi pengawas netralitas ASN dan kepala desa /Lurah dalam pemilihan serentak tahun 2024 di kecamatan Tanjung Raja, Bertempat di gedung Raga Desa Talang Balai Baru 2, Jumat ( 27/9/2024).

Acara di hadiri oleh camat Tanjung Raja Yus Afriadi ST MSi, Kapolsek Tanjung Raja,Babinsa, kepala desa/lurah, PKD sekecamatan Tanjung Raja, serta mengundang tiga tokoh KPU sebagai Narasumber, yaitu Redi kales SH pekerjaan sebagai Advokat Komisioner KPU Muara Enim 2019-2024, Kurniawan, SE MM anggota KPU kota Palembang 2019-2024,yang ketiga Firdaus Muktar sebagai PPK Kec Tanjung Raja Devisi Teknis penyelenggaraan.

Kegiatan ini berguna untuk menalisir sedemikian rupa tingkat pelanggaran di tubuh ASN, kades maupun Lurah agar terwujudnya pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 yang berkualitas dan Demokratis. Kata Pemilu Dwintanusantara selaku ketua Panwaslu kecamatan Tanjung Raja.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas di tubuh ASN, kades maupun Lurah, bisa menambah ilmu pengetahuan tetang apa saja bentuk pelanggaran yang tidak boleh dilakukan oleh ASN, kades maupun Lurah. Karena larangan untuk ASN, Lurah dan kepala desa untuk ikut dalam kampanye sudah di atur dalam perbawaslu atau per KPU,” ungkapnya.

Lanjutnya, mereka tidak boleh melakukan atau ikut serta dalam kampanye secara aktif, artinya mereka bisa hadir tetapi dengan catatan harus bersipat Pasif dalam kontek hanya mendengar visi dan misi dari paslon.

Pemilu Dwintanusantara berharap semoga pemilihan umum di daerah kecamatan Tanjung Raja bisa berjalan sesuai dengan harapan.

“Mudah-mudahan pesta Demokrasi di kecamatan Tanjung Raja bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, tentunya sesuai dengan regulesi yang ada, tidak ada pelanggaran atau pun zero konflik,” Kata dia..

Baca Juga :  H. Ecek Karyana Nyatakan Dukungan Total Untuk Pasangan Calon Perseorangan di Pilkada Sumedang

Sementara itu menurut ketua forum Kades kecamatan Tanjung Raja Heri, yang dalam hal ini mewakili seluruh kepala desa /lurah Sekecamatan Tanjung Raja, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas untuk ASN, kades, maupun Lurah sangatlah bermanfaat, bisa menambah pengetahuan tentang aturan atau larangan dalam pemilihan umum.

“Kegiataan ini tentunya sangatlah berguna sekali bagi kami sebagai kepala desa, dengan adanya sosialisasi kepengawasan netralitas ASN, kades dan lurah ini kami lebih paham lagi tentang aturan -aturan maupun larangan -larangan dalam menyambut pilkada kedepan,” ujarnya.

“Saya berharap seluruh kepala desa tetap mendukun kesuksesan pilkada di desa mereka masing-masing, dengan tetap menjaga netralitas didiri mereka masing- masing,” Pungkasnya.