HKN ke-60 Tahun 2024 Kapus Sungai Pinang Himbau Masyarakat Akan Pentingnya Periksa Golongan Darah

OGAN ILIR  – JURNALIS BICARA – Sambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -60 tahun 2024.Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir melalui beberapa puskesmas yang ada di kabupaten Ogan Ilir memberikan pelayanan kesehatan gratis seperti Sunat Massal dan juga Pemeriksaan golongan darah.

Pada kesempatan ini, Rabu (9/10/2024) Puskesmas Sungai Pinang adalah puskesmas yang ketiga di hari kedua,yang menggelar kegiatan, di ikuti oleh 260 peserta, 3 orang anak peserta sunat massal dan 257 peserta memeriksa golongan darah.

Dalam hal ini Murniati S. Keb, selaku Kepala Puskesmas Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir menghimbau akan pentingnya memeriksakan golongan darah diri sendiri. Baik itu masyarakat umum, ibu hamil bahkan remaja putri dan juga para siswa pelajar.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 Nopember 2024 nanti. Dalam kegiatan ini kami mengajak masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Sungai Pinang untuk supaya memeriksakan golongan darah mereka,” himbaunya.

Dijelaskan Murniati untuk mengetahui golongan darah diri sendiri itu sangatlah penting, baik ibu hamil, remaja putri, siswa pelajaran bahkan masyarakat umum.

“Untuk masyarakat umum manfaatnya yaitu apa bila ada individu yang sakit bisa tau kalau mau di lakukan tranvunsi darah, dan untuk remaja putri gunanya untuk persiapan kehamilannya jika sudah menikah nanti sedangkan untuk siswa pelajaran gunanya untuk perlengkapan identitas seperti untuk membuat kartu tanda penduduk (KTP),” terangnya.

Masih kata kapus murni, kegiatan Puskesmas hari ini mendapat respon baik dari seluruh masyarakat desa yang ada di kecamatan sungai pinang, jumlah perserta yang terdaftar mencapai 260 orang, tiga(3) diantanya adalah peserta sunat massal, tiga puluh (30) peserta USG dan sisanya perserta memeriksakan golongan darah, kalau pun ada peserta susulan tetap akan dilayani.

Baca Juga :  Disdik OKI, Pelajar Di Kayu Agung Belajar Dengan Berselimut Asap

“Untuk peserta sunat massal, selesai di khitan kami berikan obat dan juga bingkisan berupa sarung, baju muslim, peci dan celana dalam khusus hitanan. Saya berharap anak yang baru dikhitan semoga lekas sembuh,dan menjadi anak yang sholeh berbakti kepada kedua orang tuanya,” tutupnya.