Ragam  

Dirjen Tanaman Pangan Tinjau Kelompok Tani di Sumedang, Dorong Program “Tanam, Tanam, Tanam”

KAB.SUMEDANG, jurnalisbicara.com – Dr. Yudi Sastro, SP., MP, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, didampingi oleh H. Sajidin, S.Hut., MT., selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, melakukan kunjungan ke Dusun Kalapa Dua Rt04/RW 02 Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara,Jawa Barat. Kamis (10/10/24) Pagi.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung perkembangan kelompok tani setempat dan memastikan kesiapan menghadapi target panen nasional.

Dalam kunjungan tersebut, Dr. Yudi menegaskan pentingnya pencapaian target nasional 1,25 juta hektar panen pada Oktober 2024. “Jika target ini tidak tercapai, kita harus mempertimbangkan opsi impor. Oleh karena itu, program ‘Tanam, Tanam, Tanam’ harus digencarkan di seluruh daerah,” ujar Dr. Yudi dengan tegas, kepada jurnalisbicara.com saat diwawancarai dilokasi.

Lanjut Dirjen Tanaman Pangan bahwa program ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian serta menjaga ketahanan pangan dengan skala nasional.

Kelompok tani di Desa Margamukti, yang dipimpin oleh Ibu Yayah, meminta bantuan dua unit power thrasher dan satu unit traktor berkekuatan 6,5 PK. Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi proses tanam dan panen, sehingga kontribusi daerah Sumedang terhadap target nasional dapat tercapai.

H. Sajidin, sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, menyatakan bahwa Sumedang siap mendukung penuh program nasional ini. “Kami akan terus memberikan pendampingan kepada kelompok tani untuk memastikan bahwa hasil panen maksimal dan program nasional dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Kunjungan ini memberikan semangat baru bagi para petani di Sumedang untuk terus berproduksi dengan optimal. Dukungan dari pemerintah pusat dan daerah diharapkan mampu mewujudkan ketahanan pangan nasional yang kuat dan mandiri. (Vicky)